Seminar Bangun Generasi Sehat Tanpa Narkoba

by Erwin Wahyudi

Diposting tanggal 2016-07-24 16:29:22



Landak- Pagi itu, Senin 18 Juli, 250 siswa-siswi SMU memenuhi aula  besar kantor Bupati. Mereka  sengaja diundang untuk mengikuti Seminar Sehari yang diselenggarakan oleh RSJD Sungai Bangkong Prov Kalbar bekerjasama dengan Dinkes Kab. Landak atas inisiasi dr. Karolin Margret Natasa, Anggota DPR RI Dapil Kalbar yang sekaligus menjadi keynote speaker.    

Sambutan hangat dari peserta ketika putri sulung Gubernur ini menyampaikan materinya. Tampak antusiasme diraut wajah remaja-remaja dari 5 sekolah ini. Perihal yang disampaikan memang terkait erat dengan dunia mereka, seputar perlindungan generasi muda dari bahaya Narkoba dan HIV AIDS.

Demikian pula halnya Bupati Landak, Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot, M.Si,  dalam sambutannya memotivasi generasi muda agar jangan mudah terpengaruh ajakan negatif karena bisa terjerumus  pada penyalahgunaan Narkoba. “Jangan coba-coba terhadap Narkoba, karena hanya akan membuat menderita dan orangtua malu menanggung beban” ujarnya. Lebih lanjut diterangkan bahwa kesengsaraan akibat barang haram ini bukanlah cerita kosong.

Dari RSJD Sungai Bangkong materi langsung disampaikan oleh Direktur, dr. Safariadi yang menjelaskan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba, kemudian dilanjutkan oleh konselor VCT, Junaidi Wibowo yang menyampaikan HIV AIDS dampak penyalahgunaan Napza dan pergaulan bebas.

Sebagai bentuk komitmen untuk membangun generasi muda yang sehat tanpa Narkoba dan HIV AIDS panitia menyediakan spanduk untuk ditandatangani. Dimulai dr. Karolin  yang menuliskan kalimat Generasi Muda Tanpa Narkoba diatas tandatangannya. Begitupula Bupati Landak mencantumkan Generasi Muda yang Sehat Kreatif dan Inovatif untuk Masa Depan Bangsa. Direktur RSJD Sungai Bangkong tidak mau ketinggalan, Landak Maju bila Tanpa Narkoba Say No Narkoba,  pilihan kalimatnya. Satu persatu pejabat yang hadir ikut serta mencantumkan tanda tangan dan pesannya termasuk peserta dari kalangan pelajar SMU.

Kesan positif dirasakan oleh pelajar yang hadir. Napolion Bay Kalla, utusan SMA 1 Landak mengaku senang karena bermanfaat dan bisa merubah diri. Sementara Ela, remaja putri asal SMK Terpadu bahkan siap menjadi agen perubahan untuk no to drug.

Acara yang bertema Menyongsong Masa Depan Cerah Tanpa Narkoba dan HIV AIDS sukses terselenggara dan ditutup dengan foto bersama.(UH/RSJD SB)