PEMBERIAN INSENTIF DAN KEMUDAHAN PENANAMAN MODAL

Nomor
2
Jenis
Peraturan Daerah
Tahun
Status
Berlaku
Tanggal Penetapan
2018-10-24
Tanggal Pengundangan
2018-10-24
Penandatanganan
Kepala Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau
Tempat Penetapan
SANGGAU
Abstrak

Penanaman Modal telah menjadi bagian integral bagi pembangunan Daerah, khususnya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Di era otonomi Daerah ini, Pemerintah Daerah dituntut untuk lebih kreatif dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi, antara lain melalui peningkatan Penanaman Modal. Pemerintah Kabupaten Sanggau memiliki sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terbatas, sehingga bermitra dengan sektor swasta menjadi salah satu solusi alternatif untuk memecahkan berbagai keterbatasan yang dihadapi, dan untuk itu perlu diberikan insentif dan/atau kemudahan bagi Penanam Modal agar berminat untuk membuka usaha dan melakukan perluasan usaha di Kabupaten Sanggau.

Kegiatan Penanaman Modal diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi angka pengangguran dengan menyerap tenaga kerja lokal, meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto serta menimbulkan multiplier effect bagi sektor kegiatan lainnya. Oleh karena itu, pembentukan Perda tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal sangat diperlukan dalam rangka menarik Penanaman Modal di Kabupaten Sanggau.

Keberadaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2008 tentang Pedoman Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Penanaman Modal di Daerah, merupakan landasan hukum bagi Pemerintah Daerah untuk membentuk Peraturan Daerah tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal.

Adapun maksud pembentukan Peraturan Daerah ini adalah untuk mewujudkan kepastian hukum dan sebagai pedoman dalam Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal di Kabupaten Sanggau. Sedangkan tujuan dari dibentuknya Peraturan Daerah ini adalah :

a.        meningkatkan Penanaman Modal di Kabupaten Sanggau;

b.       meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi berkelanjutan;

c.        menciptakan lapangan kerja;

d.       meningkatkan kemampuan dan daya saing;

e.        mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan; dan

f.         mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, maka Peraturan Daerah ini diharapkan dapat memberi kejelasan dan pengaturan mengenai Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal di Kabupaten Sanggau.

Detail
Tidak ada
Preview Dokumen

2

Bagikan

© 2020 Pemerintah Kabupaten Sanggau. All rights reserved.