PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Nomor
18
Jenis
Peraturan Daerah
Tahun
Status
Berlaku
Tanggal Penetapan
2017-12-28
Tanggal Pengundangan
2017-12-17
Penandatanganan
Kepala Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau
Tempat Penetapan
SANGGAU
Abstrak

Untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal, Pendidikan menjadi sesuatu yang sangat penting. Melalui lembaga pendidikan yang ada baik pada Jenjang Pendidikan Dasar diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang dapat menjadi tumpuan bagi bangsa dan Negara dalam melaksanakan proses pembangunan nasional dan Daerah. Dengan demikian peningkatan mutu pendidikan di berbagai jenis dan Jenjang Pendidikan menjadi bagian yang amat penting.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Upaya tersebut dilakukan melalui penyediaan sarana prasarana pendidikan disemua jenis dan Jenjang Pendidikan, meningkatkan kualitas Guru melalui berbagai pelatihan, penataran dan pendidikan kesetaraan, bahkan dari segi regulasi telah banyak mengalami perubahan yang memberikan peran penting pada institusi pendidikan.

Di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu, dan setiap warga negara bertanggungjawab terhadap kelangsungan penyelenggaraan pendidikan. Ketentuan ini memberikan hak kepada setiap warga negara untuk memperoleh pendidikan, dan di sisi lain juga meletakan kewajiban terhadap kelangsungan penyelenggaraan pendidikan kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Dalam rangka memacu pengelolaan dan penyelenggaraan satuan pendidikan agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam memberikan layanan pendidikan yang bermutu, Pemerintah menetapkan Standar Nasional Pendidikan untuk mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas publik dalam penyelenggaraan sistem pendidikan nasional.

Dalam konteks pelaksanaan otonomi Daerah berdasarkan UndangUndang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah beserta berbagai peraturan pelaksanaannya mengamanatkan bahwa Pemerintah Daerah harus memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat termasuk dibidang pendidikan. Dengan kata lain, Pemerintah Daerah memiliki kewajiban untuk mengatur, mengurus dan mengelola bidang pendidikan sesuai dengan kewenangannya.

Detail
Tidak ada
Preview Dokumen

12

Bagikan

© 2020 Pemerintah Kabupaten Sanggau. All rights reserved.