PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM KABUPATEN SANGGAU

Nomor
5
Jenis
Peraturan Daerah
Tahun
Status
Berlaku
Tanggal Penetapan
2019-12-27
Tanggal Pengundangan
2019-12-27
Penandatanganan
Plt. Kepala Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau
Tempat Penetapan
SANGGAU
Abstrak

Pasal 331 ayat (1) dan ayat (3) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebagaimana telah diubah dua kali, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 telah mengamanatkan bahwa Daerah dapat mendirikan BUMD yang terdiri atas perusahaan umum daerah dan perusahaan perseroan daerah. Lebih lanjut dalam Pasal 402 ayat (2) menegaskan bahwa BUMD yang telah ada sebelum Undang-Undang ini berlaku, wajib menyesuaikan dengan ketentuan dalam Undang-Undang ini dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) tahun terhitung sejak Undang-Undang ini diundangkan. Berdasarkan ketentuan pasal tersebut, maka daerah memiliki kewajiban untuk segera menyesuaikan peraturan perundang-undangan di daerah terkait BUMD.

Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, telah mengatur secara komprehensif terkait kewenangan kepala daerah pada BUMD, pendirian, modal, organ dan kepegawaian, satuan pengawas intern, komite audit dan komite lainnya, perencanaan, operasional dan pelaporan, tata kelola perusahaan yang baik, pengadaan barang dan jasa, kerja sama, pinjaman, penggunaan laba, anak perusahaan, penugasan pemerintah kepada BUMD, evaluasi, restrukturisasi, perubahan bentuk hukum, dan privatisasi, penggabungan, peleburan, pengambilalihan dan pembubaran BUMD, kepailitan, pembinaan dan pengawasan, serta ketentuan lain-lain seperti pengaturan mengenai asosiasi BUMD, dimana pengaturan terkait BUMD seperti ini belum ada sebelumnya.

Dengan substansi Peraturan Pemerintah tersebut, maka Peraturan Daerah Kabupaten Sanggau Nomor 6 Tahun 2008 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sanggau perlu dilakukan penyesuaian. Penyesuaian berimplikasi pada berubahnya substansi dan sistematika, sehingga Peraturan Daerah Kabupaten Sanggau Nomor 6 Tahun 2008 perlu diganti dengan menerbitkan perda baru. Penggantian ini juga dimaksudkan untuk memenuhi dinamika dan tuntutan perkembangan dunia bisnis untuk menerapkan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (good corporate governance), mengoptimalkan pengelolaan perusahaan yang profesional, efektif, dan efisien. Pengaturan dalam Peraturan Daerah ini diarahkan untuk memperkuat kelembagaan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pancur Aji guna mendukung pemenuhan penyediaan air minum bagi masyarakat Daerah sesuai dengan target dan pertimbangan untuk
memenuhi komitmen pemerintah dalam pelaksanaan pencapaian target Millennium Development Goals (MDGs), dan/atau tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs).

Detail
Tidak ada
Preview Dokumen

11

Bagikan

© 2020 Pemerintah Kabupaten Sanggau. All rights reserved.