KABUPATEN SANGGAU RAMAH HAK ASASI MANUSIA

Nomor
7
Jenis
Peraturan Daerah
Tahun
Status
Berlaku
Tanggal Penetapan
2019-12-27
Tanggal Pengundangan
2019-12-27
Penandatanganan
Plt. Kepala Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau
Tempat Penetapan
SANGGAU
Abstrak

Sebagai bagian dari pergaulan internasional, Indonesia mengemban tanggung jawab moral dan hukum untuk menjunjung tinggi dan melaksanakan Deklarasi Universal tentang HAM. Prinsip tersebut juga selaras dengan dasar negara Republik Indonesia yaitu Pancasila, khususnya sila kedua berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab”.

HAM merupakan hak yang melekat pada diri manusia yang bersifat kodrati dan fundamental yang harus dihormati, dijaga dan dilindungi bersama, baik antara individu, pemerintah/pemerintah daerah dan negara. Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa mengemban tanggung jawab moral dan hukum untuk menjunjung tinggi dan melaksanakan Deklarasi Universal tentang HAM yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta berbagai instrumen internasional lainnya mengenai HAM yang telah diterima oleh negara Republik Indonesia.

Sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kabupaten Sanggau turut mengemban tanggung jawab untuk menghormati, melindungi, memenuhi, dan memajukan HAM. Melalui asas otonomi daerah, Kabupaten Sanggau berkomitmen untuk menghormati, melindungi, memenuhi dan memajukan serta menjamin pemenuhan HAM dalam menyelenggarakan urusan Pemerintahan Daerah. Komitmen tersebut dilaksanakan melalui penerapan human rightscity, yang secara sederhana diterjemahkan sebagai Kabupaten Ramah HAM. Human Rights City yang diterapkan oleh Kabupaten Sanggau merupakan adopsi dari prinsip-prinsip yang terkandung dalam Gwangju Guiding Principles for a Human Rights City (Gwangju Principles). Prinsip-prinsip tersebut ditetapkan pada tanggal 17 Mei 2014 dalam forum Human Rights Cities yang berlangsung di Gwangju, Korea Selatan pada tanggal 15-18 Mei 2014.

Penerapan Human Rights City di Kabupaten Sanggau dimaksudkan untuk menjadikan HAM sebagai prinsip dasar dan kerangka kerja bagi Kabupaten Sanggau dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peran serta Kabupaten Sanggau dalam melindungi, menghormati, dan memajukan HAM sehingga Kabupaten Sanggau menjadi Kabupaten Ramah HAM.

Detail
Tidak ada
Preview Dokumen

16

Bagikan

© 2020 Pemerintah Kabupaten Sanggau. All rights reserved.