PENYERTAAN MODAL PEMERINTAH DAERAH PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM TIRTA PANCUR AJI TAHUN 2020-2024

Nomor
14
Jenis
Peraturan Daerah
Tahun
Status
Berlaku
Tanggal Penetapan
2019-12-30
Tanggal Pengundangan
2019-12-30
Penandatanganan
Plt. Kepala Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau
Tempat Penetapan
SANGGAU
Abstrak

Mengacu pada ketentuan Pasal 41 ayat (5) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaaan Negara, mengamanatkan bahwa Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada perusahaan negara/daerah/swasta ditetapkan dengan peraturan daerah, sehingga dengan demikian diharapkan dapat menjamin terlaksananya tertib administrasi dan pengelolaan penyertaan modal daerah.

Pemerintah Kabupaten Sanggau mendorong peningkatan investasi melalui penyertaan modal kepada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pancur Aji sebagai wujud dari peran Pemerintah Daerah dalam rangka memajukan kesejahteraan umum sebagaimana amanah UUD 1945. Penyertaan modal Pemerintah Daerah dilaksanakan untuk memperluas investasi Pemerintah Daerah khususnya dalam bentuk investasi langsung, dan sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Sanggau terhadap rencana bisnis Perumda Air Minum tahun 2020-2024 yang telah disusun. Rencana bisnis Perumda Ar Minum harus dipedomani dalam rangka pengembangan Perumda Ar Minum yang lebih terarah.

Upaya memperbaiki kinerja Perumda Air Minum melalui lang3kah-langkah kebijakan sebelumnya perlahan menampak hasil yang diharapkan. Sebagaimana tertuang dalam laporan evaluasi kinerja Perumda Air Minum yang mengalami peningkatan kategori melalui indikator penilaian kinerja Perumda Air Minum, dari kategori “sakit” menjadi “kurang sehat”. Untuk menuju “sehat” Perumda Air Minum masih memerlukan dukungan terutama dalam penguatan struktur permodalan.

Perumda Air Minum mengemban amanat untuk memberikan layanan kebutuhan air kepada masyarakat. Sebagai BUMD, Perumda Air Minum menjadi salah satu cerminan pelayanan publik Pemerintah Daerah atas kebutuhan yang paling mendasar dalam kehidupan masyarakat di daerah. Dukungan Perumda Air Minum menjadi hal yang mutlak dilakukan karena sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi bahwa Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah diberi tugas dan wewenang untuk mengatur dan mengelola Sumber Daya Air yang diselenggarakan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Tanggungjawab tersebut dilakukan dalam bentuk dukungan terhadap Perumda Air Minum sebagai entitas penyelenggara air bersih bagi masyarakat di Kabupaten Sanggau, dan dengan harapan ke depan Perumda Air Minum mampu mandiri dan memberikan kontribusi bagi penerimaan daerah.

Detail
Tidak ada
Preview Dokumen

61

Bagikan

© 2020 Pemerintah Kabupaten Sanggau. All rights reserved.